Deretan Sekolah Esport untuk Tingkatkan Skill Calon Gamer

Spread the love

Sekolah esport uda mulai berkembang pesat nih di Indonesia, bahkan esport dijadikan sebagai salah satu program program kurikulum. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan bakat dari para murid di dalam bidang esport. Soalnya, sekarang ini esport uda menjadi salah satu jenjang karir yang cukup menjanjikan buat anak-anak muda.

Dulu, para pemain game selalu dilihat sebelah mata karena dianggap cuma membuang-buang waktu untuk bermain game. Namun, kini anggapan itu uda hilang karena berhasil dibuktikan dengan para gamer yang mengharumkan nama Indonesia. Malahan, sekarang ini penerapan kurikulum esport di dunia pendidikan uda dianggap penting. Makanya, nggak heran kalau para pelaku Pendidikan menjadikan esport sebagai salah satu kurikulum di sekolah.

Sekolah Esport

Awal mula dari adanya program kurikulum esport ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat besar di dunia esport. Selain itu, perkembangan esport di Indonesia juga berkembang pesat dengan dahsyat dan peminatnya yang semakin banyak. Apalagi yang berminat dalam bidang esport kebanyakan adalah anak muda. Rata-rata, usia atlet esport di Indonesia berkisar umur 15 sampai 25 tahun. Tapi, sebenarnya usia ideal untuk memulai karir sebagai atlet esport adalah dari umur 12 tahun. 

Walaupun tantangannya bisa dibilang cukup besar karena usia tersebut masih harus sekolah terlebih dahulu, namun akan lebih baik skill diasah sejak sedini mungkin. Nah, hal tersebut bisa dibantu dengan adanya program ekskul esport yang ada di sekolah. Di bawah ini ada deretan sekolah yang terdapat program ekskul esport yang ada di Indonesia!

Sekolah Esport

  • SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta

SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta adalah sekolah yang pertama kali menerapkan kurikulum esport untuk murid-muridnya. Kurikulum sekolah esport ini uda diterapkan sejak tahun ajaran 2016/2017. Program sekolah esport ini bertujuan untuk meningkatkan skill para murid di dalam setiap game dan melatih pengetahuan para murid. Sekolah yang terletak di Jakarta Pusat ini berharap setelah lulus SMA, murid-muridnya bisa melanjutkan karirnya di ranah esport dan sekaligus bisa mengharumkan esport Indonesia. 

Awalnya, cuma ada tiga game yang diterapkan dalam kurikulum sekolah esport, yaitu DOTA 2, Counter Strike: GO, dan Overwatch. Kemudian, seiring berjalannya waktu, game yang dimasukkan ke dalam sekolah esport juga semakin banyak. jadinya, pada tahun ajaran 2019/2020, SMA 1 PSKD memasukkan game lainnya, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Arena of Valor, Artifact, Hearthstone, Vain Glory, Magic: The Gathering Arena, sampai League of Legends. Hal ini agar para murid bisa mengikuti industri esport dan mendapatkan jenjang karir yang cemerlang.

  • SMA Pangudi Luhur Jakarta

SMA Pangudi Luhur Jakarta menjadi sekolah pertama di Jakarta yang bekerja sama dengan Esport Academy ID (EAID) untuk membuat program ekstrakurikuler di bidang esport. Esport Academy ID (EAID) adalah sebuah program resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang bertujuan untuk mengembangkan para murid untuk belajar, berkegiatan, dan berkompetisi di bidang esport.

Ekskul esport yang diterapkan SMA Pangudi Luhur Jakarta memasukkan game PUBG Mobile dan Mobile Legends. CEO dari Esport Academy ID juga berharap para murid bisa belajar leadership dari game yang dimainkan. Selain itu, dia juga menilai kalau pengembangan bakal di bidang esport bisa membuka kesempatan para murid SMA Pangudi Luhur Jakarta untuk berkompetisi di ajang internasional.

  • Bina Bangsa School Malang

Sekolah internasional satu ini tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya di kota Malang. Bina Bangsa School Malang membuka program sekolah esport pertama kali pada tahun 2018. Dalam membuka program sekolah esport ini, Bina Bangsa School Malang bekerja sama dengan salah satu iCafe terbesar di kota Malang, yaitu Hardcore.

Kerja sama antara Bina Bangsa School Malang dengan Hardcore iCafe Malang memberikan pelatihan sekolah esport melalui bootcamp. Hal ini untuk menambah wawasan pengetahuan dari setiap game dan juga meningkatkan skill para murid di bidang industri esport. Selain itu, pihak sekolah dari Bina Bangsa Malang juga menyadari kalau dengan bermain game, para murid jadi bisa berlatih untuk meningkatkan gameplay dan belajar untuk mengatur waktu istirahat.

  • Academy Esports ID (AEID)

Kalau SMA 1 Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta adalah sekolah pertama yang menerapkan program ekskul esport, nah Academy Esports ID adalah sekolah esport pertama di Indonesia. Sekolah esport ini didirikan pertama kali pada tahun 2020 oleh Edho Zell yang merupakan seorang YouTuber yang uda pensiun dari pertengahan tahun 2020 yang lalu. 

Setelah pensiun dari YouTube, Edho Zell membangun sekolah esport dan menjadi Founder Academy Esports ID. Dalam membangun sekolah esport ini, Edho Zell dibantu oleh kedua temannya, yaitu Arza Djatmika sebagai CEO dan Co-Founder, serta Hobert Kurniawan sebagai COO dan Co-Founder.

Seperti yang uda disebutkan sebelumnya, Academy Esport ID ada bekerja sama dengan SMA Pangudi Luhur Jakarta. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill para murid yang tertarik dalam bidang esport. Sekarang ini, Academy Esport ID ada terdiri dari empat game, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, dan Free Fire.

  • Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Nggak cuma di sekolahan saja, Universitas Dian Nuswantoro Semarang juga membuat program sekolah esport untuk para mahasiswanya yang mau berkarir di dunia esport. Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerja sama dengan IeSPA (Indonesian eSports Association) Jawa Tengah pada tahun 2018 yang jadwal program sekolah esport dapat disesuaikan dengan program studi masing-masing mahasiswa. Hal ini bertujuan agak program sekolah esport nggak mengganggu jam belajar dan latihan.

Pada awal pembentukan program sekolah esport, cuma ada dua game yang dimasukkan, yaitu DOTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive. Namun, sekarang uda ada game lainnya, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan lainnya.

Nah, buat kamu yang mau top up diamond atau item game online lainnya, kamu bisa beli di Skinuphoria, ya! Skinuphoria adalah marketplace untuk jual beli item game dan produk digital lainnya yang dijamin aman, terpercaya, harga terjangkau, dan pastinya 100% legal. Ada banyak item game yang tersedia di Skinuphoria, mulai dari Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile dan masih banyak lagi. Uda banyak, lho, gamer pro player dan gaming streamer yang beli di Skinuphoria. Salah satunya adalah Lidia Febriana dan ini katanya…

Lidia Febriana
https://www.instagram.com/moolidia/

 

“Hay gengs! Kalian yang suka main game pasti sering dong transaksi jual beli item game di online, tapi kadang suka ngerasa takut kena tipu ga sih? Nah aku punya rekomendasi tempat yang biasa aku pakai untuk transaksi beli diamond mobile legends yaitu di @skinuphoria !

@skinuphoria ini merupakan marketplacenya para gamers, di sini kamu bisa melakukan jual beli item game dan juga produk digital loh. Kamu juga ga perlu takut untuk kena tipu, karena di @skinuphoria dijamin aman, harganya terjangkau, dan pastinya legal yaa.” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *